Kalteng

Pelatihan rutin Bidang UKM dan Industri penunjang pertumbuhan ekonomi di Mura

Puruk Cahu – Akhmad Tafruji selaku Ketua Komisi III DPRD Murung Raya  mendorong pemerintah setempat melalui instansi terkaitnya untuk rutin menyelenggarakan pelatihan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk mendorong percepatan pertumbuhan perekoniman daeranya.

Seusai menghadiri pembukaan pendidikan dan pelatihan (Diklat) 3 in 1 pembuatan batik cap angkatan 4 yang dilaksanakan di aula gedung dewan adat dayak (DAD) di Puruk Cahu. “Harapan kami  Disperindagkop UKM Mura untuk terus berinovasi serta berkreasi dalam rangka menyiapkan SDM melalui pelatihan-pelatihan,”  Kamis (3/11/2022).

Dalam hal pelatihan kedepannya kita akan menyesuaikan dengan kondisi dan kultur yang ada didaerah kita sendiri, misalnya pelatihan penganyaman dari bahan baku rotan serta tanaman bambu yang berlimpah di Murung Raya,” tambahnya.

Bahan-bahan dan corak corrak khas untuk pembuatan batik khas Murung Raya serta anyaman dari bahan rotan dan bambu sudah diketahui memiliki nilai konsumtif serta ekonomi yang cukup tinggi sehingga kedepannya bisa mensejahterakan masyarakat Murung Raya itu sendiri, bahkan bis akita ekspor bukan hanya keluar daerah tapi mungkin bisa merambah pasaran dunia.

Diklat 3 in 1 pembuatan batik cap tersebut dilaksanakan oleh Disperindagkop UKM Murung Raya atas kerjasama antara Balai Diklat Industri Padang dengan Anggota DPR RI Dapil Kalteng Willy M. Yoseph dengan jumlah peserta yang mengikuti jumlah  sebanyak 30 orang.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments