P. Raya

Pelestarian Seni Kerajinan Rotan dilirik Pemko Palangka Raya

Palangka Raya - Berbagai pelatihan teknis peningkatan sumber daya manusia (SDM). Terus ditadakan Pemko Palangka Raya, Hal ini berangkat dari kekhawatiran akan hilangnya kesenian yang sudah diwariskan turun-temurun seperti kesenian menganyam rotan.

Fairid Naparin sebagai Wali Kota Palangka Raya, mengatakan, pelestarian atas kerajinan ini bukan hanya mempertahankan budaya lokal, namun juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yang bergerak di bidang industri kecil dan menengah yang ada.

Dari data dilapangan "Belum lama ini  sudah selesai diadakan pelatihan menganyam rotan yang dilaksanakan Disperindag. Kita terus melestarikan kerajinan ini supaya dapat memberikan pertumbuhan ekonomi masyarakat sambil kita tetap mempertahankan kesenian daerah yang ada," ujarnya, Senin, {21/11/2022}.

Dengan diikuti sejumlah 30 peserta perwakilan dari 5 kecamatan. Melalui pelatihan itu diharapkan aneka produk berbahan dasar rotan produksi masyarakat Kota Palangka Raya semakin mampu bersaing dengan produk lain dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

"Melalui pelatihan ini diharapkan akan tumbuh industri-industri baru yang bergerak di kerajinan rotan dan pada akhirnya membuka peluang usaha serta membuka lapangan kerja baru yang nantinya tentunya akan menambah pendapatan masyarakat itu sendiri, khususnya di Palangka Raya," ujarnya.

Ditambahkannya lagi, saat ini pemerintah semakin gencar mendukung berkembangnya para pelaku usaha yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya, agar jumlah angkatan kerja yang ada dapat terserap dengan maksimal dan tepat guna.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments