P. Raya

Peluncuran TABE Wirausaha Program Baru Pemerintah Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, secara resmi meluncurkan Tabungan Beasiswa Berkah atau TABE Wirausaha. 

Peluncuran berlangsung dilaksanakan  di Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu sore, 18 Agustus 2024 oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran beserta Istri Ivo Sugianto Sabran Tampak hadir  Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Sekda Nuryakin, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

TABE Wirausaha merupakan program baru Pemerintah Provinsi  Kalteng. Kali ini yang diluncurkan senilai Rp 942 juta untuk 942 mahasiswa. Setiap mahasiswa mendapatkan TABE Wirausaha Rp1 juta per orang. Dalam kesempatan tersebut  Sugianto Sabran mengatakan, bantuan tersebut untuk mahasiswa yang mengembangkan kemampuan wirausaha.

"Pentingnya TABE Wirausaha ini dalam meningkatkan perekonomian di kalangan mahasiswa. Kami berharap semoga gubernur yang akan terpilih kedepannya dapat melanjutkan program Beasiswa TABE ini,"Ucapnya.

Dalam peluncuran tersebut juga dilaksanakan pembagian lebih dari 6000 paket sembako. Tiap paket sembako bisa ditebus dengan kupon yang dijual hanya Rp20.000. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban mahasiswa dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Sembako berisi ada beras 10 kg, minyak goreng 1 liter, kue kering 1 kaleng, sirup 1 botol, gula 1 kg, susu 1 kaleng dan daging ayam 1 pack.

Seorang perwakilan penerima TABE Wirausaha Selly Nor Azijah, mahasiswi IAIN Palangka Raya mengatakan, beasiswa yang ia terima berguna untuk kemajuan usaha di bidang fotokopi dan percetakan.

“Saya sangat mendukung program bapak gubernur ini,  terutama untuk kami yang menjalankan usaha kecil-kecilan. Bisa terbantu untuk berkembang dan jenis usaha saya print dan fotokopi sudah berjalan selama 1 tahun," ujarnya.

Hal senada disampaikan mahasiswa lainnya, Yudas Siren dari  Universitas Palangka Raya. Menurut dia, TABE Wirausaha bantuan stimulus dari Pemerintah Provinsi  Kalteng sangat membantunya dalam mengembangkan usahanya. 

"Harapan saya semoga bantuan seperti dapat berjalan dengan baik, untuk menunjang usaha yang saya geluti. Wirausaha saya yakni dekorasi dan make-up,"tutupnya.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments