P. Raya

Pembagian Bendera Merah Putih Dalam Rangka Menyambut HUT RI Yang Ke - 78 Tahun

PALANGKA RAYA - Bertempat di depan Halaman TVRI, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Minggu Pagi (30/7/2023) dilaksanakan pembagian bendera merah-putih dalam Rangka Mendukung Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Provinsi Kalteng Tahun 2023 untuk menyambut HUT RI Ke - 78 Tahun.

Sambutan Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran Yang diwakili Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin dan Sekaligus membuka secara resmi kegiatan pembagian bendera merah putih. Sekda Nuryakin mengatakan sebagai putra-putri bangsa yang lahir dan hidup di bumi Indonesia, dengan jiwa nasionalisme terpanggil untuk mengibarkan bendera merah putih pada momen peringatan hari kemerdekaan negara Indonesia di bulan Agustus, sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air Indonesia. 

"Bendera Merah Putih akan dipasang di seluruh Instansi Pemerintah, Instansi Swasta, Partai Politik, Sekolah, Tempat Umum, Rumah, dan Tempat Strategis lainnya. Gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2023 ini, merupakan gerakan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023,” Ucap Sekda Nuryakin. Selain itu, sambung Sekda, pembagian bendera merah putih ini juga mengingatkan kepada warga negara bahwa Indonesia ini berdiri dengan perjuangan merah putih. 

Bendera merah putih simbol nasionalisme yang akarnya persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu pembagian bendera merah putih ini mengingatkan kepada kita semua, pentingnya  menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, perbedaan agama, perbedaan suku, pemikiran,  perbedaan latar belakang  tidak boleh membuat negara kita terpecah.

Sekda menyebut 45 ribu bendera yang dibagikan tersebut melambangkankan 1945. "Pembagian agar benar-benar terdistribusi dengan baik ke masyarakat Kalimantan Tengah dan dipasang untuk dikibarkan serentak sejak tanggal 1 Agustus 2023 sampai dengan 31 Agustus 2023,” Imbuhnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F. Dirun dalam laporannya menyampaikan kegiatan gerakan pembagian bendera merah putih ini bertujuan untuk membumikan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap bendera merah putih dan menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat khususnya di Provinsi Kalteng.  Dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan rangkaian senam bersama , aksi donor darah dan Pelepasan balon di udara oleh sekda Provinsi Kalteng.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, para Asisten Setda dan Staf Ahli Gubernur, Kepala Perangkat Daerah lingkup Provinsi Kalteng, serta Pimpinan Perguruan Tinggi di Kota Palangka Raya, Perwakilan OJK , Perwakilan BI dan Dari Perwakilan BNNP Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments