Kapuas

Pembangunan Jembatan Antang Kapuas Rampung Dan Fungsional

KAPUAS - Pembangunan jembatan antang, yang berada di Kecamatan Selat, Kota Kuala Kapuas,  Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, saat ini sudah rampung dikerjakan dan fungsional. Untuk mendukung keberadaan jembatan ini, pemerintah kabupaten kapuas pun akan melakukan peningkatan jalan di lokasi jembatan tersebut.

Jembatan antang ini, dibangun oleh pemerintah kabupaten Kapuas, melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman, atau PUPR-PKP, untuk menghubungkan jalan trans Kalimantan Sei Beras, menuju jalan cilik riwut kota Kuala Kapuas.

Kepala Dinas PUPR-PKP Kabupaten Kapuas, Teras St, saat meninjau langsung jembatan antang belum lama ini mengatakan, saat ini pembangunan jembatan antang sudah selesai, dan sementara fungsional untuk kendaraan roda dua.

Selanjutnya,  kata Teras, pihaknya akan melakukan peningkatan jalan di sekitar lokasi jembatan tersebut, hingga nanti fungsional untuk kendaraan roda empat.

Teras menyebutkan, jembatan antang ini dibangun permanen berkontruksi beton, dengan panjang 30 meter dan lebar sekitar 8 meter, menggunakan dana alokasi umum, dengan biaya empat miliar rupiah lebih.

Teras pun berharap, masyarakat kapuas bisa bersama merawat jembatan ini, agar tetap indah dipandang dan tahan lama. Karena jembatan ini, memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, yaitu tidak hanya sekedar menjadi akses penghubung, atau membuat masyarakat sekitar lebih dekat menuju jalan lintas. Namun keberadaan akses jembatan tersebut, juga sangat berperan dalam aktivitas perekonomian masyarakat.

Teras menambahkan, kondisi badan jalan di sekitar jembatan tersebut masih cukup rendah, dan tergenang jika air pasang, sehingga perlu dilakukan penimbunan, pengerasan dan pengaspalan hingga fungsional untuk roda empat, yang akan ditangani secara bertahap sesuai dengan kondisi keuangan pemerintah daerah.

 

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments