Business

Pemkab Kapuas Bersiap Relokasi Warga Ke Perumahan NSD

KAPUAS  - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas PUPRPKP setempat kembali akan merelokasi warga yang tinggal di kawasan kumuh, wilayah perkotaan Kuala Kapuas untuk menempati perumahan new site development atau NSD. Relokasi akan dilakukan bertahap oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas, sebagai upaya mengentaskan kawasan kumuh dan padat di perkotaan.

Ada sebanyak 181 unit rumah yang telah di bangun pemerintah di perumahan NSD ini, dan ada sekitar 70 rumah yang sudah ditempati warga. Perumahan tersebut, berada di wilayah handel bere Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Pemerintah Kabupaten Kapuas, melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan Dan Kawasan Permukiman, atau PUPR-PKP setempat dalam waktu dekat akan kembali mempersiapkan relokasi atau pemindahan tahap kedua, bagi warga yang tinggal di kawasan kumuh ke perumahan NSD ini, sehingga nanti seluruh perumahan nsd yang telah dibangun dapat segera ditempati, dan terpelihara dengan baik.

Kepala Dinas PUPR-PKP Kapuas, Teras, St saat meninjau perumahan NSD belum lama ini mengatakan, perumahan NSD in, dibangun oleh pemerintah pusat, melalui program Neighborhood Upgrading And Shelter Phase atau NUSP dariK PUPR Republik Indonesia,  yaitu sebagai upaya mengurangi kawasan kumuh dan padat di perkotaan.

Disebutkan Teras, adapun kawasan kumuh yang sudah ditinggalkan warga, nantinya akan ditata dan dikelola oleh pemerintah, untuk kemudian dibangun fasilitas baru, menuju Kota Kapuas yang indah, bersih dan asri.

Sementara itu Tina Marlina dan Laili Agustina yang sudah beberapa bulan menempati rumah NSD, mengaku betah dan senang tinggal di perumahan NSD tersebut.

Namun kedua warga yang sebelumnya tinggal di kawasan kumuh perkotaan tersebut berharap, pihaknya dapat dibantu bibit ikan, bibit tanaman dan juga lampu penerangan jalan umum.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments