P. Raya

Pembukaan Turnamen Esport Kadin Cup Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Bertempat di halaman kantor PT Jamkrida Kalteng, Jalan Cilik Riwut Km. 2 Palangka Raya. Diadakan Pembukaan Turnamen Esport Kadin Cup, Puluhamn Peserta tim bersaing memperebutkan gelar juara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalteng Cup Tahun 2022, Sabtu ( 26/11/2022).

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Juni 2023 mendatang. Dimana selain menjaring atlet E-Sport juga sebagai ajang pemanasan jelang Pekan Olahraga Provinsi Kalteng.

Rio Kriswana selaku Ketua Panitia menyampaikan, turnamen tersebut diikuti sebanyak 22 Tim, dengan total 120 orang peserta dari 10 Kabupaten/kota di Kalteng. Selain itu, ada juga perwakilan peserta dari Universitas Palangka Rayadan SMA 2 Palangka Raya.

Ia mengatakan, “ Semua kegiatan ini merupakan langkah awal bagi E-Sport Kalteng, khususnya ESI (Esport Indonesia) Kalteng untuk melaksanakan event-event selanjutnya. Ini bukti nyata E-Sport Kalteng sudah menjadi bagian dari KONI Kalteng,” ucapnya lanjut, ia juga menyampaikan, turnamen ini sebagai ajang pemanasan atlet-atlet E-Sport kabupaten/kota di Kalteng. Sebab, tim yang ikut merupakan atlet andalan dari masing-masing kabupaten/kota.

Brigjen TNI Sinyo selaku Ketua Umum ESI Provinsi Kalteng, mengatakan, dalam beberapa tahun ini E-Sport mengalami pertumbuhan yang pesat di dunia, salah satunya di Indonesia. “Beberapa waktu yang lalu beberapa olahraga banyak yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19. Namun khusus untuk olahraga E-Sport masih tetap dapat dilaksanakan, serta semakin diminati kalangan,” ucapnya.

Ia mengatakan Esport bukan hanya hiburan semata. Namun, juga dilakukan sebagai olahraga, bahkan kompetisinya saat ini hingga ke SEA Games bahkan tingkat internasional. Tidak hanya sebagai hiburan, tetapi sebagai olahraga yang diakui. Dia berharap, E-Sport Kalteng harus mampu bersaing tak hanya di lokal, tetapi tingkat nasional bahkan bis amencapai tingkat  internasional.

Ia berpesan pada para peserta, “tetaplah semangat berkompetisi, tetap optimis dan terus berlatih semoga nantinya akan dapat menorehkan prestasi serta dapat menciptakan iklim kompetisi E-Sport yang lebih baik lagi di Kalteng tentunya,” tegasnya.

Abet Nego sebagai Wakil Ketua Kadin Provinsi Kalteng, dalam sambutannya sekaligus pada saat pembukaan nturnamen, menyampaikan apresiasinya  atas adanya pelaksanaan kegiatan turnamen tersebut. Ia mengatakan,  “Kadin adalah organisasi bisnis yang mendukung event-event olahraga, termasuk mendukung  E-Sport karena merupakan bagian dari industri olahraga. Selain itu Esport juga tentunya diminati oleh generasi muda yang mana olahraga ini membutuhkan IQ dan kefokusan pemain, jadi itu bisa melatih energi positif generasi muda,” tutupnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments