Katingan

Pemda Katingan Gelontorkan 1,5 M Untuk Pembangunan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

KATINGAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan, siap menggelontorkan anggaran sebesar 1,5 Miliar untuk membangun patung Tjilik Riwut, yang merupakan satu-satunya pahlawan Nasional dari Bumi Penyang Hinje Simpei.

Dikatakan Bupati Katingan Sakariyas, sebagai salah satu tokoh dan Pahlawan Nasional dari Katingan, Pemda siap bangun baru patung Tjilik Riwut dengan total anggaran 1,5 Miliar.

“Kita siapkan anggaran 1,5 Miliar, untuk bangun Patung Tjilik Riwut, karena dia ini merupakan tokoh dan juga pahlawan Nasional yang dimiliki orang Katingan,” Ungkap Sakariyas, Selasa (11/7/2022).

Diakui Sakariyas, pihaknya telah mendatangi pengrajin patung dan siap mengerjakan dalam waktu kurang lebih 3 bulan.

“Pengrajin patung sudah menyanggupi pekerjaan tersebut, dan target pembangunan sekitar 3 bulan bisa selesai dan ini dikerjakan tahun ini juga,” Katanya.

 Sebagaimana diketahui, patung Tjilik Riwut yang berada di bundaran kantor Bupati, patah akibat diterjang angin dan konstruksi bangunannya dianggap termakan usia, sehingga besi penyangga yang ada, mengalami retak dan patah. Akibatnya, pemerintah, sebagai wujud kehormatan terhadap Tjilik Riwut, akan membangun kembali patung yang sesuai kesepakatan pihak keluarga Tjilik Riwut. 

(Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments