Kalteng

Pemdes Bisa Sosialisasikan Tertib Admin Kependudukan

KUALA PEMBUANG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo berharap, dalam mewujudkan masyarakat yang tertib administrasi dibutuhkan dukungan dan peran pemerintah desa (Pemdes) dalam melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Dalam hal ini pihaknya mengharapkan peran aktif dari Pemdes, agar melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap warganya yang belum memiliki dokumen administrasi kependudukan baik itu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan lain sebagainya.

Desa harus aktif mendata warganya agar kalau mereka kesulitan untuk membuat bisa dibantu,” katanya, (24/6/2022).

Dijelaskannya, saat ini masih ada masyarakat yang belum mengetahui caranya atau kesulitan mengurus dan membuat dokumen administrasi kependudukan. Sehingga di sinilah peran pemdes melalui perangkat desa, baik itu kepala desa (kades) sampai dengan lapisan terbawahnya seperti RT mengambil peran untuk membantu masyarakat.

“selain data kependudukan dokumen pertanahan juga perlu diingatkan kepada masarakat, karena banyak terjadi sengketa pertanahan akibat documen tanah yang masih belum dimiliki, terutama masyrakat di desa sehingga banyak masyarakat dirugikan. Oleh karena itu perlu edukasi kepada masyarakat agar hal-hal tersebut tidak terjadi,” pungkasnya.

(Giya)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments