Barsel

Pemerintah Diminta Segera Tangani Kasus DBD

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) diminta segera mengambil langkah konkrit dalam mengatasi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mulai menyerang anak-anak. Hal ini diutarakan oleh Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel, Hermanes.

Berdasarkan informasi, sudah ada 4 anak di Kota Buntok yang terserang penyakit tersebut, dan salah satu orangtua anak juga mengeluhkan lambatnya tindak lanjut dari instansi terkait.

“Maka dari itu kami meminta dan mengharapkan agar pemerintah daerah setempat segera mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengatasi kasus ini,” ucap Hermanes, Rabu, 1 Maret 2023. Ia melanjutkan, pemerintah melalui instansi yang membidangi kesehatan seharusnya bergerak cepat apabila ada menemukan kasus DBD, dijadikan prioritas untuk ditangani. Sebagai mitra kerja, pihaknya menyarankan agar pemerintah tidak menganggap remeh DBD yang mulai menyerang anak-anak di daerah setempat. 

“Kami juga menyarankan pemerintah untuk gencar mengkampanyekan pola hidup sehat melalui gerakan 3M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur benda yang bisa menampung air,” tuturnya.  Hermanes juga mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan DBD dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta meningkatkan imun tubuh dengan menjaga pola makan dan berolahraga. 

“Gerakan hidup sehat harus menjadi tanggungjawab semua lapisan masyarakat, ayo kita kampanyekan kembali gerakan tersebut, sehingga virus apapun tidak mengancam kehidupan masyarakat, terutama anak-anak di kabupaten yang kita cintai ini,” ujar politisi PDIP Barsel itu.
 

(Ary Mampas)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments