P. Raya

Pemerintah Kampanyekan Gemar makan ikan di Palangka Raya

Palangka Raya – Himbauan Pemerintah kampanyekan gemar makan ikan terus berlanjut dimana kali ini dikaitkan dengan program melawan stunting, yakni gejala hambatan pertumbuhan (fisik dan kecerdasan), karena adanya asupan gizi yang kurang.

Indriarti Ritadewi sebagai Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, mengatakan, meskipun adanya peningkatan konsumsi ikan masyarakat setempat yang  cukup tinggi, mencapai 5,4 persen. Apalagi Hal ini didukung dengan banyaknya sumber daya perikanan yang tersebar di sungai-sungai besar, danau maupun perikanan budidaya yang ada di Palangkaraya khususnya.

Ujarnya "Sebagaimana kita ketahui Kota Palangka Raya dan Kalteng memang memiliki tingkat konsumsi yang cukup tinggi. Apalagi dengan adanya sumber yang ada dari sungai, danau maupun dari perikanan budidaya,"Senin {12/12/2022}. 2022.

Dia menjelaskan lanjut "Perlunya meningkatkan upaya mensosialisasikan pada  masyarakat agar gemar makan ikan, dengan melalui berbagai usaha  kegiatan, seperti mengadakan lomba masak serba ikan hingga mebuat pelatihan berbagai olahan makanan beku atau siap saji yang berbahan ikan, ujarnya.

Disini dituntut peranan semua pihak elemen dari masyarakat itu sendiri seperti pentingnya orangtua mengasah kreativitasnya dalam mengolah bahan dasar ikan agar anak anak tertarik untuk mengkonsumsinya

Lanjutnya lagi dengan tingginya minat masyarakat terutama anak anak dan ibu hamil untuk mengkonsumsi ikan akan berpengaruh langsung menurunkan tingkat stunting di masyarakat itu sendiri, inilah yang menjadi tantangan pemerintah untuk bisa mensosialisasikannya." tutupnya. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments