Barsel

Pemkab Barsel Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024

BUNTOK - Dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat forum konsultasi publik bertempat di Aula Kantor BAPPEDA, Rabu (25/1/2023).

Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana menjelaskan, kolsultasi publik ini bertujuan untuk melakukan pembahasan dan penjaringan aspirasi untuk penyempurnaan Rancangan Awal RKPD tahun 2024, dan ini merupakan tahap awal dari seluruh proses penyusunan RKPD tersebut, untuk memberikan panduan kepada seluruh perangkat daerah di Kabupaten Barsel dalam rancangan Rencana Kerja (Renja) yang berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu 1 tahun yang disusun menggunakan pendekatan teknokratis dan partisipatif.

Ia menyampaikan, melalui kegiatan ini kepada seluruh peserta dapat berperan aktif dalam memberikan masukan terhadap penentuan arah kebijakan dan penetapan prioritas pembangunan strategis, sehingga tercipta dokumen perencanaan yang terintegrasi dan terkoneksi dengan seluruh dokumen perencanaan disemua level.

"Baik di level Pusat, Provinsi dan Daerah, demi mencapai keterpaduan/keserasian antar wilayah, antar sektor dan antar pelaku pembangunan," ujar Lisda Arriyana.

Ia menerangkan, penyusunan Rancangan Awal RKPD tahun 2024 ini berbasis dengan pendekatan Holistik-Tematik, Integratif dan Spesial serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan Money Follows Program dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekedar karena tugas dan fungsi perangkat daerah.

Hal ini, lanjutnya, mengisyaratkan bahwa pencapaian prioritas pembangunan di Kabupaten Barsel memerlukan adanya koordinasi, sinkronisasi, sinergritas dan harmonisasi antar sektor dan seluruh pemangku kepentingan dalam proses pelaksanaan pembangunan dalam rangka melayani kepentingan masyarakat serta peningkatan kesejahteraan.

"Guna mencapai semua itu, kita harus memulai dari proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah, panjang dan tahunan, maka RKPD tahun 2024 ini harus menjadi acuan bagi seluruh pengkat daerah," terang Lisda.

Lisda mengunggapkan, sasaran dan target pembangunan Kabupaten Barsel tahun 2024 berdasarkan hasil evaluasi dan capaian kinerja pada tahun 2022 lalu yaitu, pertumbuhan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Kabupaten yang diusulkan berdasarkan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan dan pokok-pokok fikiran DPRD yang akan dibahas pada Musrenbang RKPD yang rencananya akan dilaksanakan di bulan April tahun 2023.

"Yang menjadi fokus pembangunan Kabupaten Barsel tahun 2024 sebagai mana diatur dalam dokumen RKPD tahun 2023-2026 adalah, mendorong terwujudnya iklim investasi daerah yang kondusif, disertai dengan pemantapan pembangunan jaringan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," ungkap orang nomor satu dijajaran Pemkab Barsel ini.

Ia menambahkan, bahwa fukos pembangunan tersebut di dalam setiap pelaksanaannya senantiasa mengacu pada standard pelayanan minimal yang terdapat pada urusan wajib pelayanan dasar, indikator SDG's dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 tahun 2020, tentang peraturan pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah serta Permendagri Nomor 59 tahun 2021 tentang penerapan standard pelayanan minimal.

"Proses tersebut nantinya diselaraskan melalui musyawarah yang dilaksanakan baik di tingkat nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa, serta mengakselerasi beberapa kegiatan yang memang menjadi program strategis Kabupaten Barsel, jadi inilah yang nantinya akan diakomidir berdasarkan visi misi Kabupaten kita," kata Lisda Arriyan.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments