Barsel

Pemkab Barsel Laksanakan Kick Off Penandatanganan Kontrak Barang/Jasa

BUNTOK - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah mengawali pembangunan di daerah setempat tahun 2023 melalui kegiatan kick off penandatanganan Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) dilingkup Pemkab Barsel, yang berlangsung di Aula Setda, Senin (16/1/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Eddy Purwanto yang mewakili Pj. Bupati Barsel menyampaikan, pelaksanaan kick off ini merupakan tindak lanjut intruksi dari Presiden Nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil serta keperasi.

"Melalui kegiatan ini juga kita bisa menyukseskan gerakan nasional yaitu bangga dengan buatan Indonesia," ujar pria yang akrab disapa oleh wartawan bang Eddy ini.

Ia mengatakan, intruksi Presiden tersebut mengarahkan agar dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa tersebut, pemerintah untuk dapat melakukan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan porsi belanja serta percepatan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Ia melanjutkan, melalui percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa, diharapkan pertumbuhan ekonomi daerah dapat memicu efek berganda yang lebih luas, yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan ekonomi, dimana peningkatan pengeluaran daerah mempengaruhi tingkat pendapatan dan konsumsi masyarakat pada umumnya.

Disamping itu, ia menambahkan, dengan waktu yang cukup tersedia Pejabat penandatanganan kontrak dapat mewujudkan efisiensi pelaksanaan tersebut sebagai suatu akibat tersedianya cukup waktu untuk memastikan kualitas pekerjaan yang dilaksanakan tercapai secara maksimal.

"Sehingga umur ekonomis suatu aset pengadaan barang/jasa pemerintah yang telah direncanakan dapat terwujud," kata Eddy Purwanto.

Sememtara Muhamad Irwan Kepala Bagian (Kabag) PBJ Setda Barsel menuturkan, melalui kick off penandatanganan ini hendaknya menjadi momentum strategis tanda mulainya pelaksanaan program/kegiatan awal tahun anggaran Yang berdampak pada meningkatnya koordinasi, sinegritas dan singkronisasi seluruh stakhorlder terhadap pelaksanaan PJB pemerintah di Kabupaten Barsel tahun 2023.

"Untuk kick off penandatanganan kontrak PJB ini pesertanya ada 9 Dinas atau SOPD dengan jumlah pekerjaan ada 35 paket dan total nilai keseluruhannya 7,2 miliyar lebih," kata Muhamad Irwan.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments