Barsel

Pemkab Barsel Sediakan Layanan Kesehatan Berbasis Online

BUNTOK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah melaunching dan mensosialisasikan aplikasi layanan kesehatan berbasis online yang bernama e-Posyandu, bertempat di Aula Kantor Bappeda, Senin (27/2/2023).

Lisda Arriyana Pj. Bupati Barsel dalam sambutannya menyampaikan, melalui aplikasi tersebut pemerintah dan instansi terkait dapat melakukan pemantauan terhadap kinerja Posyandu, dengan tujuan untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap balita dan ibu hamil di wilayah setempat.

Ia mengatakan, aplikasi layanan Posyandu berbasis online ini, diharapkan mampu menekan stunting yang menurut data bahwa Kabupaten Barsel masih tergolong berada pada anggka tertinggi di Kalimantan Tengah.

Oleh sebab itu, lanjut Lisda, Pemkab Barsel menyambut baik serta mendukungan penuh dengan menyediakan lalayanan kesehatan berbasis online. Aplikasi e-Posyandu ini mampu memberikan informasi kesehatan terhadap perkembangan kesehatan ibu dan anak secara langsung.

"Sehingga mampu meningkatkan mutu dan kualitas pencatatan di Posyandu dan dapat mempermudah pelayanan kesehatan terutama kepada anak balita maupum ibu hamil di Kabupaten Barsel," ujar orang nomor satu dijajaran Pemkab Barsel ini.

Lisda menambahkan, aplikasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat Barsel dengan cetak biru generasi mendatang yang ditentukan oleh 1000 hari pertama kehidupan yang dimulai dari 9 bulan dalam kandungan dan 2 tahun pertama pada 5 tahun usia balita.

Lebih lanjut Lisda menuturkan, pemerintah daerah juga akan memberikan bonus kepada setiap Posyandu di enam Kecamatan yang dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik, terutama dalam  memberikan pelayanan kesehatan terhadap semua peserta Posyandu.

"Pemerintah daerah bersama pihak ketiga sebagai Bapak asuh, akan memberikan support kepada Posyandu disetiap Kecamatan, dengan harapan dapat menyediakan makanan tambahan yang mengandung protein serta bergizi tinggi untuk kebutuhan ibu hamil dan balita di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," pungkas Lisda Arriyana.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments