Kalteng

Pemkab Diminta Bantu Bibit Sawit Buat Warga Kecamatan Seruyan Hilir

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Bejo Riyanto

KUALA PEMBUANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan,  Bejo Riyanto meminta kepada instansi terkait agar bisa memberikan bantuan berupa bibit sawit di daerah pemilihan (Dapil I) yang meliputi Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

Ia menyebut banyak menerima usulan masyarakat terkait permintaan bantuan bibit sawit saat reses ke wilayah daerah pemilihan (Dapil) I.

“Saat kita melaksanakan reses di dapil I banyak masyarakat khususnya petani perkebunan kelapa sawit yang mengharapkan adanya bantuan bibit dari Pemkab Seruyan, sebab lahan yang mereka miliki sangat potensial bagi peruntukan tanaman sawit tersebut,” kata Bejo di Kuala Pembuang, Sabtu (26/02/2022).

Menurut dia, perkebunan kelapa sawit saat ini tampaknya menjadi salah satu komoditas andalan pada sektor perkebunan dan salah satunya adalah bagi para petani yang ada di wilayah Kuala Pembuang, di samping itu juga dengan adanya perkebunan besar sawit (PBS), sehingga mampu menampung hasil dari panen para petani di daerah Kabupaten Seruyan ini.

“Karena memang kelapa sawit ini menjadi salah satu komoditas primadona di Seruyan, sehingga banyak petani-petani kita yang memiliki kebun sawit, selain harga yang cukup tinggi, penjualan pun sangat mudah akaibat adanya PBS yang mampu menampung hasil panen dari masyarakat tersebut ” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa di Dapil I sendiri saat ini masih banyak lahan kosong milik masyarakat yang sangat berpotensi sebagai perkebunan kelapa sawit. Maka dari itu, para petani banyak mengusulkan bibit unggul kepada pemerintah setempat, guna menfaatkan lahan mereka yang masih belum tergarap. Harapan tersebut pun mereka sampaikan kepada  wakil rakyat saat melaksanakan reses di wilayah tersebut.

“Apalagi sawit ini nilai ekonomisnya cukup tinggi, sehingga banyak masyarakat berminat dan sebagian dari mereka mengusulkan agar dibantu bibit, kita harapkan ini bisa direalisasikan,” harapnya.

(Giya/Altius) 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments