Kalteng

Pemkab Diminta Gali Potensi PAD yang Belum Maksimal

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Har sandi

KUALA PEMBUANG - Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan berharap agar pemerintah daerah bisa meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan menggali berbagai macam potensi daerah yang masih belum maksimal.

Anggota DPRD Seruyan Harsandi mengungkapkan bahwa sampai saat ini PDA Seruyan masih sangat kecil, bahkan menurun. Hal ini menurutnya harus segera diatasi dengan mencari potensi baru atau dengan memaksimalkan potensi yang ada untuk peningkatan PAD, sehingga bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Seruyan.

“Jika kita memperhatikan penyajian hasil PAD kita dalam laporan LKPJ tahun 2021 yaitu target sekitar Rp133.099.896.961,61 dengan realisasi sekitar Rp83.036.151.308,92 atau dengan realisasi sekitar 62,39%, hal tersebut harus jadi perhatian kita,” ujarnya, Rabu (27/04/2022). 

Terkait berbagai macam hal yang mempengaruhi pencapaian PAD di Seruyan, seperti pandemi Covid-19 yang tentunya sangat berpengaruh besar terhadap seluruh kinerja hingga diperlukan solusi tepat untuk kedepannya, Harsandi berharap agar pemerintah bisa mencari berbagai solusi untuk peningkatan pendapatan daerah, karena menurutnya masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan potensi daerah saat ini.

Harsandi mengingatkan bahwa dengan rendahnya realisasi PAD Kabupaten Seruyan tentu akan mengganggu dalam mendukung pembangunan, sehingga pengembangan untuk pembangunan daerah masih akan tergantung pemerintah pusat, sebab kemandirian daerah sulit untuk dilakukan karena keterbatasan anggaran. Maka dari itu hendaknya setiap pihak bisa bekerjasama dan memaksimalkan pendapatan daerah.

“Saat ini dapat kita lihat bahwa kita masih sangat bergantung sekali dengan pemerintah pusat untuk pembangunan daerah, dengan melihat realisasi PAD kita yang masih di bawah 10% dari APBD, artinya bahwa saat ini PAD kita memang rendah, oleh karena itu kami berharap agar pemerintah daerah agar lebih giat lagi dan mecari potensi baru untuk sumber pemasukan PAD kerena masih banyak potensi daerah yang bisa di kelola bagi peningkatan daerah,” pungkasnya.

(Giya/Altius) 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments