Kapuas

Pemkab Kapuas Gelar Ritual Adat Balian Dan Memapas Lewu

KAPUAS  - Pemerintah Kabupaten Kapuas Melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga atau Disbudpora belum lama ini melaksanakan ritual balian dan mamapas lewu, dalam rangka memperingati hari jadi Kota Kuala Kapuas ke 216 dan hari ulang tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 71.

Acara ritual balian dan memapas lewu berlangsung di balai basarah panampung penyang, Jalan Melati Kuala Kapuas. Acara ritual adat dayak tersebut dihadiri Asisten Tiga Setda Kapuas Edie Gaman dan Wakapolres Kapuas Kompol I Kadek Dwi Yoga Sidhiman-Tra.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Dan Olah Raga Atau Disbudpora Kabupaten Kapuas, Haji Suparman mengatakan, pelaksanaan ritual adat balian dan memapas lewu ini merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan hari jadi kota Kuala Kapuas ke-216 dan Hut Pemkab Kapuas ke-71 tahun 2022.

Sedangkan tujuan dllaksanakannya ritual adat ini, menurut suparman adalah untuk membersihkan lingkungan atau kampung sehingga terhindar dari segala marabahaya.

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Agama Hindu Kaharingan Kapuas, Sulatin ,mengatakan rangkaian acara ritual adat tersebut dimulai dari ritual balian batahur sahut lewu, yang artinya untuk menunai-kan kewajiban kita dalam waktu setahun sudah damai, aman dan tentram. Diharapakan pada tahun yang akan datang lebih damai, lebih tentram dan lebih sejahtera.

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments