Kapuas

Pemkab Kapuas Gelar Simulasi Penanganan Karhutla

KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengadakan simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan. Simulasi dilaksanakan dalam apel gabungan gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan pada, Kamis 15 Juni 2023.

Simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan yang dipusatkan di stadion panunjung tarung kuala kapuas ini diawali saat posko induk pengananan karhutla Kapuas mendapatkan laporan terjadinya kebakaran lahan.

Kemudian laporan tersebut ditindaklanjuti oleh petugas gabungan yang terdiri dari BPBD ,TNI, Polri, Manggala Agni serta Satpol Pp dan Damkar Kapuas yang sedang melakukan patroli dilapangan.

Sesampainya di lokasi lahan yang terbakar petugas kemudian langsung melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan tersebut. Namun karena kebakaran meluas dan api pun sulit dipadamkan dengan peralatan seadanya, petugas patroli pun kemudian menghubungi posko induk penanganan karhutla meminta bantuan pemadaman. 

Tak berapa lama tim gabungan pemadam kebakaran pun datang ke lokasi melakukan pemadaman, sehingga api pun akhirnya dapat dikuasai. Sedangkan seorang warga yang diduga melakukan pembakaran lahan tersebut langsung diamankan oleh petugas untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Sementara seorang petugas yang pingsan saat memadamkan api langsung dilakukan evakuasi oleh tim medis. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, simulasi ini dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di daerah setempat dengan memfungsikan semua posko dan patroli untuk menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments