P. Raya

Pemkab Kotawaringin Timur Gelar Rapat Persiapan Nataru untuk Menjaga Kondusifitas dan Keamanan

SAMPIT - Bertempat di  Aula Rumah Jabatan Bupati pada Senin,18/12/2023, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) aktif mempersiapkan diri menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 melalui rapat persiapan.

Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, memimpin rapat tersebut dan menyampaikan bahwa persiapan Nataru rutin dilaksanakan setiap tahun. Fokus rapat mencakup pos Nataru, antisipasi keramaian tempat wisata, pengendalian inflasi, kesiapan gereja menjelang Natal, pengaturan arus mudik, dan pengamanan malam tahun baru.

Pada rapat, diungkapkan bahwa kondisi inflasi di Kotim cukup stabil, dengan kenaikan beras dan sejumlah komoditas seperti telur ayam ras, bawang merah, dan cabai rawit yang menyumbang pada inflasi. Bupati menyampaikan bahwa berdasarkan data BPS, inflasi saat ini mencapai 0,85%, jauh lebih terkendali dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 8 persen lebih.

Persiapan Nataru juga melibatkan pembentukan pos di daerah perbatasan, seperti di Kecamatan Cempaga Hulu, Telawang, Teluk Sampit, dan beberapa objek wisata. Selain itu, persiapan dilakukan di Pelabuhan dan Bandara H Asan Sampit, termasuk antisipasi terhadap keterlambatan kapal akibat pengaruh pasang surut sungai Mentaya dengan menyiapkan tempat singgah penumpang dan transportasi tersebut nantinya.

Bupati menekankan bahwa semua kegiatan telah diantisipasi dengan semaksimal mungkin, dengan melakukan patroli gabungan pada malam Natal dan malam tahun baru. Forkopimda turut memantau bersama untuk memastikan keamanan dan kondusifitas selama periode Nataru.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments