Kotim

Pemkab Kotim Canangkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

SAMPIT Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah mencanangkan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil pada pertengahan bulan Agustus 2021. Pencanangan itu dilakukan pada hari Kamis se Kalimantan Tengah (Kalteng). 

“Info dari provinsi, pada hari Kamis 26 Agustus akan dilakukan pencanangan vaksinasi ibu hamil se Kalteng oleh Gubernur,” katanya, Senin 23 Agustus 2021. Umar menambahkan, Ibu hamil termasuk kelompok rentan. Karena itu, pemerintah terus berusaha memberikan proteksi kesehatan lebih bagi ibu hamil dari penularan virus Covid-19. 

Namun demikian tidak semua ibu hamil dapat divaksin. Berdasarkan rekomendasi hanya ibu hamil yang berusia 12 sampai 32 minggu yang dapat divaksin. Selain itu, ibu hamil yang memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg tidak dianjurkan dan dirujuk ke RS. Serta ibu hamil yang memiliki gejala seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, dan pandangan kabur akan ditinjau ulang. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kotim total warga yang sudah divaksin berjumlah 12.290 orang. Meliputi tenaga kesehatan, petugas publik, lanjut usia, masyarakat umum dan masyarakat rentan terpapar Covid-19.

“Antusiasme masyarakat untuk mendapatkan layanan vaksin Covid-19 terbilang cukup tinggi dibuktikan pengambilan  antrean dari aplikasi registrasi vaksin mencapai ribuan orang,” pungkas Umar. 

(Altius)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments