P. Pisau

Pemkab Pulang Pisau Siagakan Pusat Kesehatan Hewan

Pulang Pisau  - Empat lokasi yang disiapkan menjadi pusat kesiap siagaan Puskeswan itu, yakni Kecamatan Kahayan Hilir, Maliku, Pandih Batu dan Kahayan Tengah.

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) melalui Dinas Pertanian (Distan) setempat menyiagakan pusat kesehatan hewan (Puskeswan). Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan ternak

Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit terutama penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini marak menyerang hewan ternak di sejumlah wilayah," ucap Kepala Distan Pulpis Slamet Untung Rianto melalui Kepala Bidang Pertenakan dan Kesehatan Ternak, Distan Pulpis Ibrahim.

Menurutnya "dari pantauan, ada empat Poskeswan ini akan dipimpin langsung  dokter hewan yang bekerja di wilayahnya ditempatkan.  tujuannya untuk bisa langsung megawasi khususnya ternak yang masuk ke wilayah kerjanya tersebut," katanya.

Sementara itu Satuan Tugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Pulang Pisau (pulpis) mengkonfirmasi ada tujuh ternak sapi terkonfirmasi positif PMK, dimana tiga diantaranya dinyatakan sembuh dan empat ternak lainnya di potong paksa.

Dalam penjelasannya, tujuh ternak sapi yang terkonfirmasi PMK, tiga ternak sapi dinyatakan sembuh dan empat ternak sapi lainnya di potong paksa dan langsung dikubur, ujarnya.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments