P. Pisau

Pemkab Pulpis Sambut Rombongan Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan

Pulang Pisau – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) Kamis (24/06/2022) menyambut Rombongan Tim penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang Ketua Tim, Murtado Bishri di Desa Kanamit Barat, untuk melakukan penilaian Lomba Desa.

Rombongan Tim Penilai disambut langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang yang diwakili Asisten 1 Setda Kabupaten Pulang Pisau HM Syaripul Pasaribu bersama Kepala DPMD Hj Deni Widanarni, Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau, Ny. Toni Harisinta, Camat Maliku Teras dan Kepala Desa berserta jajaran.

Kepada awak media, Asisten 1 Setda Kabupaten Pulang Pisau HM. Syaripul Pasaribu mengatakan Lomba Desa dan Kelurahan bertujuan untuk mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk menemukan, mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada diwilayahnya.

"Lomba ini bertujuan untuk mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk menemukan, mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada diwilayahnya," ucap HM Syripul Pasaribu.

Selain itu, lomba itu juga dalam rangka usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa dan kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri serta mengetahui kinerja serta pembangunan selama kurun dua tahun terakhir dari 2019 – 2020

”Juga dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di desa dan kelurahan, mulai dari aspek penyelenggara pemerintah, pembangunan kewilayahan serta pembangunan kemasyarakatan,” kata Syaripul Pasaribu

Ia menyampaikan penilaian lomba desa dan kelurahan merupakan evaluasi tahunan untuk menilai sejauh mana pemerintah dan masyarakat desa dalam mengevaluasi diri yang berpedoman pada Permendagri Nomer 81 Tahun 2015 tentang evakuasi pembangunan desa, yakni bidang kewilayahan, pemerintah dan masyarakat.

Berdasarkan hasil evaluasi, kata Syaripul, Desa Kanamit Barat termasuk dalam katagori berkembang dan berdasarkan Permendagri 13 tahun 2007 tentang pendayagunaan profil desa termasuk katagori desa Swakarya.

"Kita harapkan hasil yang terbaik bagi Desa Kanamit Barat dalam lomba Desa ini," ungkap Pria yang sebelumnya menjabat Kepala DPMD Pulpis itu.

Menurutnya, tingginya keterlibatan kaum perempuan dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta upaya dalam peningkatan ekonomi dan stabilitas keamanan dan ketertiban yang dapat dilihat dari tidak adanya konflik dan tidak adanya tindak kejahatan serta tingginya partisipasi masyarakat dalam keagamaan wilayah dan kreatifitas desa dalam proses pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Syaripul menegaskan, dalam suasana pandemi covid-19 ini, berbagai macam kegiatan dilakukan bersama untuk mencegah penyebaran virus tersebut, melalui relawan desa lawan covid-19.

Dengan demikian diharapkan mampu mendukung penyebarluasan kebijakan pemerintah untuk memutus memutus mata rantai penyebaran virus covid -19 secara terorganisir hingga desa, bersama-sama relawan desa, tokoh masyarakat, Karang Taruna , PKK, serta kader desa lainnya.

”Dari beberapa indikator penting dari Desa Kanamit Barat sehingga layak mendapat predikat terbaik dalam lomba desa tingkat Kabupaten Pulang Pisau, khususnya terkait pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan, diantaranya partisipasi masyarakat diwujudkan dengan pembangunan sarana dan prasarana desa secara bersama-sama dan bergotong royong dalam setiap kegiatan yang ada di desa,” tegasnya.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments