Kalteng

Pemkab Terima Masukan Dewan

FOTO: GIYA/HUMA BETANG 
PARIPURNA - Rapat Paripurna Ke-5 Masa Persidangan ke III Tahun 2020/2021 Pidato Bupati Penyampaian Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Seruyan Tahun 2021, Jumat (04/06/2021).

KUALA PEMBUANG - DPRD Kabupaten Seruyan menggelar Rapat Paripurna Ke-5 Masa Persidangan ke III Tahun 2020/2021 Pidato Bupati Penyampaian Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Seruyan Tahun 2021. Penyampaian jawaban ini dibacakan oleh Wakil Bupati Kabupaten Seruyan Iswanti SE MM melalui konferensi video, Jumat (04/06/2021).

“Terhadap pandangan umum faksi PDI perjuangan, kami menerima dan menyambut baik saran dan masukannya serta terimakasih atas kesiapanya membahas Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran  2020,” kata Iswanti.

Selanjutnya  terhadap pemandangan umum dari Fraksi Motto Gerindra PAN (Motto GP) pertama pada kelebihan pembayaran premi Jamkesda pada dinas kesehatan.  

“Kami mengakui bahwa atas permasalahan ini karena kurangnya koordinasinya data kepesertaan Jamkesda antara dinas sosial dan dinas dukcapil, dan dinas kesehatan sehingga menyebabkan kelebihan pembayaran premi jamkesda dan Bupati Seruyan telah memerintahkan ketiga dinas tersebut melakukan pemutahiran data dan kepesertaan jamkesda dengan membentuk tim verifikasi dan validasi data,” paparnya.

Kemudian, imbuhnya, tanggapan atas pemandangan umum dari Fraksi Nasdem terkait pengelolaan pendapatan pajak dan retrebusi daerah dan mengoptimalkan intensifikasi dan ekstensifikasi variabe yang mempengaruhi pendapatan asli daerah (PAD), sehingga pendapatan daerah akan terus meningkat dan terkait pekerjaan yang tidak sesuai kontrak pada PUPR, atas rekomendasi BPK RI Bupati Seruyan memerintahkan kepala dinas  PUPR untuk mengintruksikan pejabat pembuat komitmen/kuasa pengguna anggaran (PPK/KPA kegiatan untuk melakukan pengujian  atas back up  volume dan mengacu pada kesesuaian  pekerjaaan fisik dan kontrak. Juga dilakukan tindak lanjut dengan memerintahkan PPK/KPA untuk menarik kelebihan bayaran. 

Ia juga menyebut, terhadap pemandangan umum Fraksi Golkar. Dimana fraksi ini mempertanyakan konsitensi pihak eksekutif dalam menjaga komitmen/persetujuan yang telah disepakati, dalam pembahasan rencana angaran antara lembaga eksekutif – legislatif yang telah dikonsultasikan dan menjadi rencana kerja anggaran  (RKA) kerap terjadi perubahan khusus, tanpa di ketahui apa lagi disetujui  oleh lembaga legislatif, pihaknya pun sudah membuat catatan untuk menindaklanjutinya.

Di akhir pidato jawapan Bupati seruyan berharap agar kemitraan yang sudah tercipta sedemikian baik antara pemerintah daerah dan DPRD ini dapat terus terjaga, terbina dan bahkan lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

 

(Giya/Altius Utama )

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments