P. Raya

Pemprov Kalteng Jalin Kerjasama Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Rujukan

PALANGKA RAYA - Gubernur kalimantan tengah Sugianto Sabran, menghadiri sekaligus menadatangani kesepakatan bersama antar rumah sakit pengempu nasional rujukan kardiovaskular rumah sakit jantung dan pembuluh darah Harapan Kita, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono, dan Rumah Sakit Kanker Dharmais dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang pada Senin, 4 Juli 2022.

Kesepakatan kerja sama yang dilakukan pemerintah, merupakan bentuk kepedulian pemprov Kalteng terhadap kesehatan masyarakat. Kesepakatan jalinan kerjasama antar rumah sakit  ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan oleh gubernur Sugianto Sabran beserta Direktur Utama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Dr. dr. Iwan Dakota SpJP(K), Direktur Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono dan Direktur Utama Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Dalam sambutannya Gubernur Sugianto menyampaikan Berdasarkan data dari RSUD dr. Doris Sylvanus tahun 2021, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke dan gagal ginjal merupakan penyebab kematian terbanyak. Sementara itu di Indonesia sendiri penyakit seperti jantung dan pembuluh darah, stroke, kanker, diabetes melitus, serta gagal ginjal tidak hanya menjadi menyebabkan angka kesakitan dan kematian terbanyak, tetapi juga menyebabkan beban pembiayaan kesehatan terbesar.

Sehingga diharapkan melalui penandatangan kesepakatan kerjasama anatar rumah sakit ini dapat menjadi langkah awal dalam mencapai penurunan kesakitan maupun kematian akibat penyakit-penyakit tersebut.

Lebih lanjut Sugianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan atas dukungannya terhadap Provinsi Kalimantan Tengah dalam peningkatan pelayanan penyakit-penyakit penyebab kematian tinggi dan berbiaya besar.

Sehingga Gubenur juga  berharap ke depan RSUD dr. Doris Sylvanus terus meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanannya. Demikian juga Rumah sakit lainnya di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, agar selalu dapat memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh masyarakat khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments