P. Raya

Pemprov Kalteng Membuat Sejumlah Kebijakan Dalam Mendukung Reformasi Agraria

PALANGKA RAYA - Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah mendukung penuh pelaksanaan Reforma Agraria melalui sejumlah kebijakan berupa program dan kegiatan. hal itu di sampaikan Sekertaris Daerah Nuryakim pada Kamis 16 Juni 2022.

Dukungan pemerintah Provinsi terhadap pelaksanaan Reforma Agraria di antaranya,dengan berpartisipasi pada kelembagaan Reforma Agraria dalam bentuk Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kalteng.

Sehingga melalui perangkat daerah yang membidangi urusan pertanahan yakni Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kalteng merencanakan program maupun kegiatan yang termuat dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Adapun dukungan pemprov lainnya yakni melakukan koordinasi dengan kanwil ATR atau BPN dan kantor pertanahan kabupaten dan kota dalam wadah GTRA provinsi dan GTRA kabupaten.

Selanjutnya Nuryakin menjelaskan, pemprov juga mendorong perangkat daerah di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota yang terkait dalam penataan akses Reforma Agraria, dan memaksimalkan perannya dengan melakukan pemetaan sosial, peningkatan kapasitas kelembagaan, pendampingan usaha, dan peningkatan keterampilan, hingga penggunaan teknologi tepat guna.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments