Katingan

Pendaftaran Siswa Baru di Kabupaten Katingan: Menekankan Keterjangkauan dan Kolaborasi

KATINGAN - Pada pertengahan Juli mendatang, para lulusan ini akan mendaftar ke tingkat yang lebih tinggi. Lulusan TK akan mendaftar ke Sekolah Dasar (SD), lulusan SD melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan lulusan SMP akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

Arinya akhir Juni 2023 menandai langkah penting dalam perjalanan pendidikan di Kabupaten Katingan. Siswa dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), terutama yang bersekolah di sekolah negeri, telah menerima tanda kelulusan mereka.

Rudi Hartono, memanfaatkan kesempatan ini untuk menyoroti pentingnya aksesibilitas pendidikan. Rudi berharap bahwa semua kepala sekolah dan panitia penerimaan peserta didik baru di Kabupaten Katingan tidak akan memungut biaya pendaftaran sepeserpun.

Menurut Rudi, pendidikan dasar hingga menengah, terutama di sekolah negeri, adalah hak yang dijamin oleh pemerintah pusat dan juga diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun yang berlaku di Kabupaten Katingan.

Rudi juga mengingatkan bahwa beberapa tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Katingan bahkan memberikan keringanan biaya, termasuk biaya SPP, dan memberikan empat set pakaian seragam sekolah kepada setiap siswa baru, menciptakan iklim yang lebih inklusif.

Sedangkan Kegiatan ekstrakurikuler, praktik, pengajian, atau bimbingan pelajaran di luar jam sekolah, serta kegiatan keagamaan tetap dapat berjalan melalui kolaborasi dengan Komite Sekolah. Organisasi ini melibatkan orang tua murid untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah, meningkatkan kualitas pendidikan, dan berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia di daerah tersebut.

"Ini adalah langkah penting menuju pendidikan yang lebih inklusif, di mana semua elemen masyarakat berkolaborasi untuk memberikan peluang pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak Kabupaten Katingan," ungkap Rudi.

(Novryanto)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments