P. Raya

Pengda IJTI Kalteng Bangkitkan Minat Jurnalistik Generasi Muda Dan Perangi Hoax

PALANGKA RAYA Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kalimantan Tengah, menggelar workshop kepada generasi muda untuk mengembangkan kemampuan di bidang jurnalistik dan menangkal berita hoax.

Kegiatan Program kerja PENGDA IJTI KALTENG dilaksanakan sejak tanggal 7-8 September 2022  di dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kota Palangka Raya,  diantaranya SMKN 4 Palangka Raya di jalan Temanggung Kenyapi dan SMKN 5 Palangka Raya di jalan Maduhara, kota Palangka Raya. Ketua IJTI Kalimantan tengah, Tantawi Jauhari mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja pengda IJTI KALTENG dan didukung Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui kegiatan sharing ilmu tentang karya jurnalistik.

Tidak hanya itu, Tantawi menjelaskan IJTI Kalteng ingin para pelajar di Kalteng semakin mengenal bidang jurnalistik, sehingga memberikan banyak manfaat bagi mereka.

Hal tersebut dirasakan salah satu pelajar, I Putu Sawangga Dahna, siswa di bidang kejuruan multimedia yang ada di SMKN 4 Palangkaraya. Ia merasakan kegiatan ini banyak sekali memberikan materi yang disampaikan dan sangat bermanfaat dalam hal bijak bermedia social.

Sementara itu, kegiatan program kerja pengda IJTI Kalteng berlanjut pada SMKN 5 Palangka Raya. Pemberian materi yang cukup beragam tentang selayang pandang IJTI maupun kiprah IJTI Kalteng Sendiri.

Bahkan teknik berbicara di depan publik atau public speaking, newsroom televise, hingga tentang teknik peliputan jurnalis televisi pun diajarkan kepada pelajar tersebut.

Pengetahuan dan bimbingan tentang jurnalistik hingga bijak bersosial media ditanggapi Wakil Kepala SMK NEGERI 5, Normalina Marlina. Menurutnya pembahasan tentang bijak bermedia sosial sangatlah penting, terlebih bagi generasi muda seperti halnya para pelajar.

Dia mengatakan, maraknya beredar hoaks di media sosial tentunya perlu dicermati dan kehati-hatian masyarakat sebagai pengguna media sosial agar tidak terjebak dengan hoaks.

Marlina berharap para pelajar yang ada di sekolahnya mampu membangkitkan bakat-bakat terpendam seperti di bidang jurnalistik. Selain itu pihaknya berharap adanya kerjasama antar sekolah dan IJTI Kalteng dalam kegiatan program kerja pengda IJTI Kalteng berikutnya, sehingga nantinya pihak sekolah juga akan mengunjungi kantor IJTI Kalteng dalam program studi banding.

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments