Ekonomi

ROAD MAP HILIRISASI INVESTASI STRATEGIS RAMAH LINGKUNGAN

Palangka Raya – Bertempat di Grand Ballroom M Bahalap Hotel Kota Palangka Raya, Kamis (08/09/2022) berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis Sektor Perkebunan Tahun Anggaran 2022.

Dalam sambutannya Sutoyo, mewakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan, Rakorda ini adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Investasi/BKPM bekerja sama dengan KSO Sucofindo - Indef - Amythas yang berlangsung di Seruyan.

Tujuan dilaksanakannya Rakorda ini diantaranya untuk menyampaikan rencana penyusunan peta jalan (roadmap) Hilirisasi Investasi Strategis Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Tahun Anggaran 2022 kepada Pemerintah Daerah, Asosiasi dan Pelaku Usaha Daerah dan juga dalam rangka memperoleh data dan informasi terkait perkembangan industri hilir.  Hal tersebut telah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah, zona 1 Wilayah Barat (meliputi Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, dan Seruyan) merupakan zona yang memiliki potensi dan peluang yang dominan untuk pengembangan hilirisasi investasi strategis sektor perkebunan, terutama Pabrik turunan karet/ban dan pabrik turunan kelapa dalam yang secara turun temurun sudah dimiliki nenek moyang di Kalteng.

Lebih lanjut Sutoyo menyampaikan perlu adanya sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Asosisasi, dan Pelaku Usaha Daerah sebagai dasar dan acuan pelaksanan proyek hilirisasi investasi yang strategis yang tidak mengesampingkan factor lingkungan.

Sutoyo berharap agar Dinas/Badan terkait dapat memberikan masukan berupa data-data atau informasi yang berguna bagi Penyusunan Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis Tahun Anggaran 2022. Hal yang sama juga diharapkan dating dari Asosiasi dan Pelaku Usaha Daerah terkait perkembangan industri hilir,  sehingga kedepannya dapat tersusun Peta Jalan (road map) Hilirisasi Investasi Strategis di Kalimantan Tengah yang dapat menjadi acuan pelaksanaan proyek hilirisasi investasi strategis.

(SAMHADI)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments