Kapuas

Pengembangan Budidaya Ikan Desa Anjir Serapat Tengah

KAPUAS - Melalui program ketahanan pangan, Pemerintah Desa Anjir Serapat Tengah, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengembangkan budidaya ikan nila di Desa setempat. 

Pengembangan budidaya ikan nila dilakukan Pemerintah Desa Anjir serapat tengah, kecamatan kapuas timur bersama warga yang terbentuk dalam sebuah kelompok , dimana masing-masing kelompok mendapatkan bantuan sarana prasarana, pakan dan bibit ikan yang bersumber dari anggaran dana desa setempat.  

Pengembangan budidaya ikan ini dilakukan dengan system bioplok. Program ketahanan pangan ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kecamatan Kapuas Timur.

Sekretaris Desa Anjir Serapat Tengah, Haryani mengatakan pengembangan budidaya ikan ini bersumber dari anggaran dana desa dimana dua puluh persennya dialokasikan untuk program ketahanan pangan.

Adapun tujuan pengembangan budidaya ikan di desa anjir serapat tengah ini adalah untuk meningkatkan penghasilan dan gisi masyarakat. Haryani berharap dengan adanya pengembangan budidaya ikan ini masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkannya dengan baik dan mengembangkan usaha tersebut.

Sementara itu Sam'ani Warga Handil Sinjung, Desa Anjir serepat tengah mengaku bangga dan senang bisa memiliki kesempatan untuk mengembangkan usaha budidaya ikan melalui program ketahanan pangan di desanya.

Sam'ani pun berharap bisa mendapatkan tambahan bantuan terutama mesin oksigen sehingga bisa mengembangkan budidaya ikan tersebut lebih banyak lagi.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments