P. Raya

Wakil Gubernur Edy Prawoto Menghadiri Kegiatan Aplikasi "SRIKANDI".

PALANGKA RAYA - Sosialisasi Buka Aplikasi Sistem Kearsipan Terintegrasi, disingkat Srikandi Tahun 2023. Bertempat Di Aula Bapeda Litbang Provinsi Kalteng, Selasa 14 Februari.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan ke Arsipan Provinsi Kalteng ini merupakan implementasi dari peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Tentang sistem pemerintahan berbasis Elektronik (SPBE ).

Wakil Gubernur Edy Pratowo. dalam Sambutannya mengatakan , aplilasi Srikandi merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Relublik Indonesia (ANRI),
Menteri Pendayagunaan Aparatur negara dan Refomarsi Birokrasi (PANRB), badan siber dan sandi Negara (BSSN)  dan kementerian komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) .

“Aplikasi Srikandi diluncurkan pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipam yamg dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola secara on line dan ter-integrasi dari tingkat daerah sampai tingkat pusat,  sebagai upaya dalam meningkatkan kinerja , produktifitas serta efektifitas untuk mempermudah pekerjaan serta bermanfaat dalam mewujudkan pengelolaan Arsip yang baik dan profesional," imbuh Wagub.

Selanjutnya Wagub  menerangkan, penerapan Srikandi dalam setiap lingkungan Instansi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kwalitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memory kolektif bangsa karena pengelolaan berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah.

Aplikasi srikandi ini tak lepas dari peran kolaborasi dari komitmen kuat dari seluruh stakholders terkait untuk segera mengimplementasikannya, agar penyelenggara kearsipan lebih efektif dan efisien, dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Provinsi Kalteng.

Hadir juga Narasumber koordinator kelompok Subtansi kearsipan Daerah I A Arsip Nasional Sri Wulandari,  Kepala Dinas Perpustakaan dan arsip Provinsi Kalteng  Hj. Nunu Andriani, Kepala Bapedalitbang Provinsi Kalteng Kaspinor,  serta Pejabat Eselon III, Pustakawan ,dan kearsipan lingkup Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments