Barsel

Penjabat Bupati Barito Selatan Membuka Pasar Rahmadan

BUNTOK -Penjabat Bupati Barito Selatan lLisda Arriyana membuka secara resmi pasar ramadhan sekaligus pasar penyeimbang, bertempat di taman iring witu Buntok, yang di hadiri Wakil Ketua DPRD setempat. 

Dalam sambutannya PJ Bupati Barito Selatan sebelum membuka secara resmi pasar ramadhan dan pasar penyeimbang mengatakan, pelaksanaan pasar ramadhan tahun ini merupakan pelaksanaan pertama setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan karena musibah wabah covid-19.

Bersyukur di tahun ini dapat menggelar kembali pasar ramadhan 1444 H, sekaligus melaksanakan pasar penyeimbang menjelang hari besar keagamaan idul fitri 1444 H Tahun 2023.

Moment pelaksanaan pasar ramadhan yang dilaksanakan 30 hari kedepan diharapkan bisa menambah semangat dalam menjalankan ibadah puasa untuk menyambut hari raya idul fitri. Pelaksanaan pasar penyeimbang pada hari ini juga diharapkan menjadi sarana bagi seluruh lapisan masyara-kat untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari-hari, dengan harga lebih ekonomis atau lebih murah dari harga pasar pada umumnya .

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan pada pasar penyeimbang menyediakan 5 macam sembako, yakni berupa gula pasir, minyak goreng, selain itu juga telur ayam, sirup dan susu kental manis. Semua barang sudah di subsidi oleh pemerintah, sehingga harganya jauh lebih rendah dari harga di pasaran.

Sementara itu Sekda Barito Selatan Edi Purwanto selaku ketua tim pengendali inflasi mengatakan, maksud dan tujuan dari kegiatan pasar ramadhan tahun 2023, guna memeriahkan ramadhan 1444H, 2023 dan mendorong berkembangnya ekonomi kerakyatan. Selain itu juga memberi kemudahan kepada pelaku umkm dalam bertran-saksi. Sedangkan tujuan digelarnya pasar penyeimbang membantu masyarakat dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan  dan juga mengendalikan inflasi daerah.

Adapun jumlah lapak pasar ramadhan yang berada di taman iring witu adalah enam puluh perserta. Sedangkan di halaman masjid agung baiturrahman buntok berjumlah 18 peserta dan di halaman stadion sababilah ada enam lapak pedagang .

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments