Kalteng

Pentingnya BPD Proaktif Lakukan  Pengawasan

Puruk Cahu – Pentingnya Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus memahami peran dan tanggung jawabnya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya ketika dipilih dan dilantik di desanya.

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya, Rahmat Hidayat, anggota BPD terpilih harus mampu melaksanakan aspek pembangunan desa dari segala sector yang ada.

“Berada di bidang pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Tentunya ini harus bersinergi dengan pemerintah desa (Pemdes) setempat. Hal ini agar anggota BPD tidak hanya fokus memantau kegiatan dan kewenangan kepala desa,” kata Rahmat, Senin (26/9/2022).

Setiap anggota BPD harus aktif dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam mengawasi kegiatan bidang pendidikan dan kesehatan di desanya.

Di tingkat desa, setiap anggota BPD juga berperan sebagai pendidik dan tenaga kesehatan terkemuka agar dapat menjalankan tugasnya di desa, sehingga kualitas kesehatan dan pendidikan di desa dapat berfungsi sebagaimana mestinya. “Akibatnya, anggota BPD tidak perlu khawatir jika ada oknum guru dan tenaga kesehatan yang tidak aktif dalam menjalankan tugasnya. Tujuannya agar semua lapisan sampai ke tingkat desa dapat terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan dan juga kesehatan yang baik," tutupnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments