Barsel

Pentingnya peranan generasi Muda Melestarikan Budaya Daerah yang ada

BUNTOK - Minggu, 11/06/2023 Ideham selaku anggota DPRD Barito Selatan (Barsel) menghimbau agar generasi muda tidak melupakan akar budayanya dan dapat melestarikan budaya daerah tersebut.

Ia mengatakan, “ Sangat penting melestarikan seni dan budaya tersebut agar seni dan budaya yang ada di daerah ini bisa terus ada ditengah masyarakat dan tidak hilangtergerus zaman,” katanya.

Budaya atau tradisi merupakan  warisan Kekayaan nilai yang berupa seni dan seni tersebut bisa berbentuk musik, benda, tarian hingga bahasa daerah setempat.

Ujarnya lanjut, “Semua bentuk Seni dan budaya di setiap wilayah dan seni dan budaya ini merupakan peninggalan dari leluhur kita, wajib bagi kita semua untuk melestarikannya serta menjaganya, terutama bagi generasi muda sebagai generasi penerus” ucapnya.

Karena menurutnya, sebuah budaya bisa bertahan atau sirna seiring berjalannya waktu dan keberadaan suatu budaya tersebut akan ditentukan oleh perlakuan masyarakat yang berada di suatu daerah itu sendiri.

Tegas ia mengatakan, “Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk melestarikan budaya daerahnya, akan dapat dipastikan tradisi tersebut pasti akan mampu bertahan dan tidak tergerus zaman “, tutupnya.

(Ary Mampas)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments