Kalteng

Pentingnya Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang mumpuni demi percepatan desa yang maju dan berkembang

Puruk Cahu – Sudah menjadi hal yang umum diketahui, adanya kualitas SDM yang mumpuni akan memicu percepatan kemajuan dan perkembangan suatu desa . Hal itulah yang mendasari setiap pemerintah desa yang ada di Kabupaten Murung Raya merasa memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia  warganya masing-masing dengan memanfaatkan penggunaan dana desa yang telah disediakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Mura, Rahmat Hidayat manfaat dana desa tidak serta merta hanya untuk meningkatkan sarana dan prasarana atau infrastruktur desa saja, akan tetapi memicu peningkatan kapasitas SDM juga diperlukan.

Pada Senin (13/2/2023), Ia mengatakan, “ Dengan adanya sarana dan prasarana yang tersedia meskipun penting, tapi jangan sampai melupakan kualitas SDM di desa, karena itu sama pentingnya. Apabila desa banyak memiliki SDM berkualitas maka desa pun akan cepat maju dan berkembang, karena akan lebih mudah dalam pelaksanaanya” jelasnya.

Dengan memanfaatkan dana desa yang ada  untuk meningkatkan kapasitas SDM, pemerintah desa bisa mencanangkan program pelatihan keterampilan yang bertujuan untuk membantu anak-anak putus sekolah di wilayahnya agar bisa mengambil beberapa jalur paket C. tentunya.

Ujarnya penggunaan dana desa yang lebih maksimal maka akan dapat menciptakan desa yang lebih mandiri, dengan begitu kesejahteraan masyarakat pun dapat meningkat sesuai yang diharapkan.

Ia menambahkan, “Yang selalu kita harpkan adanya SDM berkualitas bisa merata, jadi tidak disini tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja tapi juga peranan desa. Harapan kita ini bisa diperhatikan dan diterapkan, sehingga desa akan bisa cepat maju dengan adanya SDM yang lebih memadai,” tutupnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments