P. Raya

Penyusunan Rencana Pengelolaan DAS

PALANGKA RAYA  - Dalam kegiatan Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Rencana Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (RPDAS) dan Internalisasi RPDAS - Penyusunan dan Penetapan RPDAS tahun 2023, kegiatan dilaksanakan di Aula Bappedalitbang provinsi Kalteng Selasa (8/8/2023). Sambutan Sekda Provinsi Kalteng yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sri Windanarni dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. 

Sri Windanarni mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dirinya menyambut baik terselenggaranya Forum Group Discussion (FGD) ini. Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan Dokumen Perencanaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terencana, terukur, dan akuntabel. 

Selain itu, Dokumen Perencanaan DAS yang disusun ini dapat bermanfaat sebagai salah satu acuan, masukan, dan pertimbangan bagi rencana pembangunan sektor untuk menyusun program dan kegiatan lebih detil di wilayah DAS

Dokumen Rencana Pengelolaan DAS yang sedang disusun ini adalah Review Dokumen Rencana Pengelolaan DAS Katingan yang sudah disusun pada Tahun 2017. Dipilihnya DAS Katingan sebagai lokus disebabkan karena menurunnya fungsi area-area tangkapan air di wilayah Kabupaten Katingan, sehingga menyebabkan terjadinya bencana banjir pada Tahun 2021.

Oleh karena itu, melalui FGD ini seluruh data/informasi terkait dapat dilengkapi dan valid, sehingga dokumen perencanaan yang tersusun dapat menjadi acuan, untuk keselarasan arah kebijakan pembangunan daerah, baik dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, maupun Pemerintah Kabupaten, sesuai dengan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026 telah ditetapkan Visi Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yaitu KALTENG MAKIN BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat Amanah dan Harmonis).

Rapat dihadiri oleh Kepala Perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala UPT KPHP Katingan Hulu dan Katingan Hilir, Kepala Bappedalitbang dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan atau yang mewakili serta Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

(Amarta Putri.K)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments