P. Raya

Peran Jurnalis Sangat Penting Untuk Memberikan Informasi Kepada Masyarakat

PALANGKA RAYA - DPD PWRI Provpinsi Kalimantan tengah selenggarakan workshop jurnalistik dengan Tema : Peran jurnalis Dalam Pembangunan Dan hadapi Isu-Isu Tahun politik yang di adakan di Hotel luwansa 27 Januari 2023. Dalam Kegiatan Worshop Jurnalistik ini dihadirkan Narasumber Humas Polda, Ketum DPD PWRI Provpinsi Kalteng Suriyanto dan Sekjen DPP PWRI Provpinsi Kalteng. 

Dalam paparannya Narasumber humas Polda mengatakan seorang jurnalis harus tahu landasan Hukum Undang undang No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi. Pasal 28 ayat 1 dan 2. Undang undang No 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana, pasal ayat 14 ayat 1 dan 2 , pasal 15 ayat 1. Jangan membuat berita hoax untuk masyarakat seperti ujaran kebencian, kebohongan dan menyulut kegaduhan di tengah masyarakat luas. Bijaklah dalam memberikan berita yang bermanfaat,, apa lagi tahun 2024 akan diadakan Pemilu serentak. Tulislah berita yang membangun untuk masyarakat luas khususnya di Kalteng.

Narasumber kedua DPD PWRI mengatakan seorang jurnalis harus tahu narasumbernya agar tidak salah . Investigasi dulu dan konfirmasi. Untuk mendirikan media on line ada prosedurnya dan harus tahu perundang undangannya.

Sekjen DPP PWRI juga mengatakan membuat berita on line alamat email dan nama redaksi harus dicantumkan, agar bisa dipertanggung jawabankan bila mana ada kesalahan pemberitaan.

Ditambahkan Ketum PWRI jadilah seorang jurnalis membuat berita yang bermanfaat dan bijak dalam menyajikan berita. 

(Era suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments