P. Raya

Peran Penting DAD Dalam hukum adat

PALANGKA RAYA - Fokus Group Discussion Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mereduksi gangguan Keamanaan yang diadakan oleh  badan Intelkam Polda Provinsi Kalteng. Usai kegiatan Louise Theresia DAD Bidang Hukum dan Advokasi di hotel Aquarius Saat usai kegiatan Jumat 15 Desember 2023 mengatakan, untuk mengurangi atau mereduksi kegiatan pemilu 2024 terutama, untuk menjaga Kamtibmas karena kalau bicara tentang toleransi berbicara politik identitas tidak bisa lepas dari kegiatan yang sifatnya keagamaan.

Sifatnya kesukuan, RAS, untuk mengurang itu, peran DAD sendiri punya peran strategis karena salah satu lembaga untuk mewakili atau melakukan suatu hal yang sifatnya positif tentang penegakan hukum adat.

“DAD punya kekuatan yang lebih karena bicara DAD pun salah satu lembaga yang di gunakan untuk  mengatur baik itu organisasi yang dibawah DAD misalkan, kedamangan, mantir dan beberapa DAD yang ada di tingkat Kabupaten/Kota. Gunanya untuk memfasilitasi, mengkoordinasi tentang penegakan hukum adat pelaksanaan rumah adat untuk mengurangi gangguan Kamtibmas yang ada di Kalteng," Imbuhnya.

Ia menambahkan salah satu peran penting DAD melaksanakan hukum adat dengan cara kekeluargaan sistem yang lebih halus karena dia mementingkan kemanfaatan bagi para pihak. Menjelang pemilu tahun2024, peran DAD juga tidak lepas untuk mendukung pemilu Yang aman tidak ada isu sara atau hoax, oleh oknum masyarakat. Itulah peran penting kelembagaan DAD.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments