P. Pisau

Peran penting Operator Desa tentukan warga miskin penerima Bansos

PULANG PISAU - Agar Bantuan Sosial tepat sasaran, Eknamensi Tawun selaku Kepala Dinas Sosial Pulang Pisau, mengatakan bahwa operator desalah yang memegang  peran yang sangat penting didalam memilih serta menentukan warga miskin yang layak menerima Bantuan Sosial tersebut.

Ia mengatakan, "Penyalurkan bantuan dari Kemensos RI salah satunya ialah berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan secara rutin setiap triwulannya kami salurkan pada masyarakat yang berhak menerimanya," ucapnya.

Bantuan BPNT tersebut langsung diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) melalui mekanisme akun elektronik untuk membeli bahan pangan mana yang paling dibutuhkan masyarakat tentunya.

Untuk itu saat ini, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa untuk menyediakan satu operator untuk menjalankan SIKS-NG dalam upaya meningkatkan pelayanan untuk melaksanakan validasi data warga yang benar benar dikategorikan miskin atau tidak mampu.

Tegas ia mengatakan, " Bagi yang dikategorikan miskin tapi belum terdata, warga miskin tersebut bisa mendatangi langsung operator Desa di wilayahnya masing-masing untuk dilakukan pendataan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) diwilayahnya ," tutupnya. 

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments