P. Raya

Peresmian Pembangunan Kota Palangka Raya Dengan Ritual Mampakanan Sahur

PALANGKA RAYA - Dalam sebuah dialog kebangsaan Yustunus Tenung sebut peletakan tiang pertama simbol pembangunan Kota Palangkaraya Melui Rintual adat masyarakat kalimantan tengah Mampakanan Sahur.

Pada agenda dialog kebangsaan yang di gelar oleh Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Kota Palangka Raya pada Jumat 19 November 2021 Yustinus Tenung Berkesempatan hadir sebagai narasumber.

Adapun dalam dialog kebangsan itu Yustinus Tenung mengatakan, pada 17 juli 1957 ketika bung Karno datang ke Kota Palangka Raya untuk menacapkan tiang pertama peresmian pembangunan kota Palangkaraya yang sekarang telah menjadi ibukota Provinsi Kalimantan Tengah, Bung Karno meminta terlebih dahulu mengadakan Ritual Mampakanan Sahur. Ritual Tersebut bertujuan untuk menghimpun semua leluhur yang berdampingan dengan kita untuk ikut merayakan berdirinya ibukota Provinsi yang ke 17 Di Indonesia.

Yustinus Tenung juga mengatakan kawan-kawan KMHDI  harus berbangga atas berdirinya Provinsi Kalimantan Tengah ini atas reques husus Mampahakan sahur. Ia juga berpesan bagai mana mahasiswa tetap aktif  di KMHDI tapi kuliah juga harus selesai tepat pada waktunya.

 

(Fardoari Reketno)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments