Kalteng

Peresmian Rumah Rehabilitasi Bersinar Kab. Gunung Mas

GUNUNG MAS - Kepala BNNP Kalimantan Tengah Brigjen Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si, bersama Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong, S.E., M.Si meresmikan Gedung Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkotika Kab. Gunung Mas. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gunung Mas, Kodim 1016 Palangka Raya, Kajari Kab. Gunung Mas, Wakapolres Gunung Mas, Ketua DPRD Kab. Gunung Mas serta OPD di lingkungan Kab. Gunung Mas.

Acara diawali dengan sambutan Pendiri Yayasan Rehabilitasi Galilea, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala BNNP Kalteng, serta sambutan dari Bupati Gunung Mas. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Gunung Mas dengan Yayasan Rehabilitasi Galilea sebagai pengelola rehabilitasi dan kemudian peresmian Rumah Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkotika Kab. Gunung Mas yang diberi nama "Bersinar" yang merupakan kakronim Bersih dari Narkoba. Pusat rehabilitasi ini memiliki 25 tempat tidur.

Pendiri Yayasan Rehabilitasi Galilea, mengatakan bahwa untuk pembiayaan atau tarif di rumah rehabilitasi ini ditentukan berdasarkan konseling serta kemampuan dari orang tua. Namun bagi yang tidak mampu tetap akan dilayani.

Kepala BNNP Kalteng menyampaikan saat ini angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah mencapai 1,95 % atau 3,6 juta orang, sedangkan di Prov. Kalimantan Tengah sudah mencapai 0,40% - 0,70% atau 6.317 - 10.108 orang. Hal ini sangat memprihatinkan dan membutuhkan perhatian seluruh komponen masyarakat baik di lingkungan pemerintah, masyarakat, swasta maupun pendidikan. Oleh karena itu, harapannya tempat ini betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pecandu/penyalahguna narkoba sehingga terjadi peningkatan kualitas hidup bagi pecandu/penyalahguna narkoba. 

Sementara itu, Bupati Gunung Mas menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNNP Kalteng dan jajaran, yang sangat intens dalam melakukan upaya P4GN di Kab. Gunung Mas sampai ke desa-desa. Begitu juga kepada seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. 

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama serta melakukan office tour untuk memperkenalkan fasilitas yang tersedia di rumah rehabilitasi kepada tamu undangan yang hadir.

(Era)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments