Kapuas

Perguruan Silat Kuntau Palampang Penerus Tinjek Kapuas Gelar Batamat

KAPUAS - Perguruan Silat Kuntau Palampang Penerus Tinjek Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melaksanakan acara batamat pada, Sabtu 9 September 2023. Acara batamat perguruan silat kuntau palampang penerus tinjek Kabupaten Kapuas yang berlangsung di rumah betang magantang utus sei pasah, Kecamatan Kapuas Hilir dihadiri Sekretaris Daerah Kapuas Septedy dan Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono. 

Selain itu hadir pula dandim sepuluh sebelas Kuala Kapuas letkol Infantri Khusnun Dwi Putranto dan Perwakilan dari kejari Kapuas serta Ketua DPD perpedayak dan PLB Kabupaten Kapuas Timotius Mahar.  

Timotius Mahar mengatakan, perguruan silat kuntau palampang penerus tinjek merupakan binaan dari DPD perpedayak dan PLB Kabupaten Kapuas, dimana pada saat tersebut perguruan ini melaksanakan acara batamat yang juga dihadiri sejumlah perguruan lainnya. 

Dalam acara batamat ini murid-murid perguruan palampang penerus tinjek dan perguruan lainnya akan melakukan peragaan silat kuntau yang merupakan seni bela diri suku dayak ngaju. 

Silat kuntau sendiri sering ditampilkan dalam upacara-upacara tertentu dan sudah menjadi bagian dari tradisi adat, misalnya dalam acara pesta perkawinan adat dayak dan upacara adat yang lebih sering dikenal dengan sebutan lawang skepeng.

Timotous pun berharap kedepan budaya kuntau ini lebih dilestarikan menjadi muatan lokal dan pemerintah Daerah juga diharapkan dapat membina dan menggelar lebih banyak lagi turnamen-turnamen antar perguruan kuntau di Daerah setempat. 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments