P. Pisau

Perhatian serius Pemkab Pulpis perlunya  Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS

Pulang Pisau – Belum lama ini Dinas Kesehatan Pulang Pisau mengungkapkan perlu adanya upaya penangulangan dan pencegahan permasalahan penyakit HIV -AIDS secara lebih serius dengan melibatkan semua pihak,

Dihadapan awak media Hal tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau dr Bawa Budi Raharja melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Pande P belum lama ini mengatakan.

"Seiring naiknya kasus penderita HIV-AIDS sejak tahun 2013 telah mencapai 16 kasus, dengan angka kematian sebanyak tiga kasus. Kondisi seperti ini tentunya perlu menjadi perhatian semua pihak terutama dari pemerintah pulang Pisang," ucapnya.

Dari Data yang ada tercatat ada sebanyak 13 kasus HIV- AIDS yang terdata saat ini, Dinas Kesehatan terus melakukan pendampingan dan pengawasan dengan cara melakukan pemeriksaan dan pemberian obat secara rutin kepada penderita dengan tujuan menekan atau melemahkan virus yang menyerang sistim kekebalan tubuh.

Ungkapnya "Jangan sampai kasus HIV-AIDS di Kabupaten Pulang Pisau hnya terlihat rendah dipermukaan karena belum singkronnya data yang diambil, ujarnya lagi

Menurutny penyebaran HIV-AIDS sebagian besar di derita pada usia produktif dan reproduktif.  Apabila di lihat dari angka penyebab penularannya paling dominan adalah akibat hubungan seksual tidak aman atau berganti-ganti pasangan, termasuk juga melalui jarum suntik karena penggunaan obat terlarang atau penggunaan narkoba.

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments