Barsel

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Jadi Momentum Tingkatkan Semangat Membangun Bangsa

BUNTOK - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 hendaknya dapat dijadikan momentum untuk terus meningkatkan semangat membangun bangsa. "karena Sumpah Pemuda mengingatkan kita pada peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia, dari Sumpah Pemuda inilah mengawali kesadaran kebangsaan untuk mencapai kemedekaan," ujar Lisda Arriyana Pj Bupati Barsel kepada wartawan usai memimpin upacara Sumpah Pemuda ke-94 yang berlangsung di lapangan Taman Iring Witu, jalan Tugu, Buntok, Sabtu (29/10/2022).

Ia menjelaskan, Sumpah Pemuda adalah hasil keputusan dari Kongres Sumpah Pemuda II yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Pelaksanaan Kongres Sumpah Pemuda ini dilaksanakan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya pemerintah untuk menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Menurutnya, pengetahuan tentang sejarah begitu penting dan memang harus dipelajari. Dari mempelajari sejarah membuat seseorang mampu menjadikan sejarah kelam untuk tidak terulang di masa yang akan datang. "Mari kita terus belajar dari sejarah, dengan itu kita akan mampu menghargai jasa-jasa dan pengorbanan para pendahulu kita yaitu para pahlawan bangsa," terang orang nomor satu dijajaran Pemkab Barsel ini.

Ia mengatakan, pemuda tak hanya menjadi pelaku penting dalam membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa. Ia menyampaikan, pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel mengajak seluruh elemen bangsa untuk menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda diseluruh Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN). "Melalui momentum Sumpah Pemuda ini semoga kita semua bisa menjadi pemersatu bangsa bagi pemuda dari berbagai penjuru Indonesia, menjadikan rakyat Indonesia semakin cinta tanah air melalui bahasa, persatuan, dan perjuangan dalam meningkatkan semangat kita bersama dalam membangun negara Indonesia tercinta ini," tutur Lisda Arriyana.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments