Barsel

Pemkab Barsel Salurkan 4 Ribu Paket Sembako di Enam Kecamatan

BUNTOK - Dalam upaya menanggulangi inflasi dan pemulihan ekonomi pasca pendemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel), Kalimantan Tengah menyalurkan 4 ribu paket sembako kepada sejumlah masyarakat yang tersebar di enam kecamatan. "4 ribu paket sembako ini kita serahkan kepada penerima manfaat di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Barsel," ucap Lisda Arriyana Pj Bupati Barsel kepada wartawan usai membagikan sembako secara simbolis di aula Kecamatan Dusun Selatan, jalan Tugu, Buntok, Senin (31/10/2022).

Ia menerangkan, kegiatan ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134/PKM.07/2022 yang mengamanatkan setiap pemerintahan daerah untuk menganggarkan belanja wajib untuk penanganan sosial dampak inflasi kenaikan BBM.

Ia mengatakan, adapun nama-nama penerima manfaat dari bantuan sosial ini berasal dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kabupaten Barsel, dan merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah setempat dalam penanganan dampak inflasi serta membantu pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Selain menyalurkan bantuan sembako, pihaknya juga melaksanakan sejumlah kegiatan lainnya seperti pasar murah atau pasar penyeimbang dan bazar pangan. "Kegiatan-kegiatan itu dilakukan untuk membantu masyarakat lainnya yang namanya belum masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial," ujarnya.

Lisda menambahkan, kalau nantinya ada lagi bantuan sosial dari provinsi dan pusat, diharapkan kepada lurah dan kepada desa agar menyalurkan bantuannya kepada warga lainnya yang dinilai memang kurang mampu. Lisda berharap bantuan yang diserahkan itu bisa sampai kepada yang berhak menerimanya dan ia meminta kepada lurah dan kades agar jangan melenceng dari koridor dalam penyalurannya. "Saya akan terus monitor melalui dinas terkait agar bansos yang disalurkan ini bisa sampai kepada yang berhak menerimanya," pungkasnya.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments