Kotim

Peringati Hari Pahlawan Di Desa Tumbang Gagu

SAMPIT Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor memastikan tahun ini upacara tersebut digelar di Desa Tumbang Gagu Kecamatan Antang Kalang. Tepatnya di rumah Betang di Desa Tumbang Gagu.

Jika tahun kemarin upacara peringatan itu digelar di halaman kantor pemerintah daerah setempat, maka tahun ini upacara peringatan Hari Pahlawan akan kami gelar di rumah Betang di Desa Tumbang Gagu,” kata Halikinnor, Senin (08/11/2021).

Halikinnor menyebut, dengan kegiatan yang dipusatkan di tempat tersebut dapat membuka keisolasian wilayah itu yang diketahui berada cukup jauh sehingga infrastruktur belum begitu mendukung.

“Kami juga berencana akan menjadikan wilayah tersebut sebagai tempat wisata budaya. Selain memiliki rumah Betang asli khas Kalimantan Tengah juga memiliki hutan yang masih asri,” jelasnya.

Bupati juga mengatakan upacara peringatan Hari Pahlawan di Rumah Betang yang megah dan satu-satunya di Kalimantan Tengah (Kalteng) itu akan menjadi pertama bagi pihaknya, dan menjadi napak tilas serta akan menjadi tonggak sejarah.

Ia juga menyebut akan dan bekerjasama dengan DAD untuk kawasan hutan adat, dengan tujuan menjaga pohon besi atau ulin jangan sampai punah, karena hanya di sana yang benar-benar ada pohon ulin besar.

(Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments