P. Raya

Perlu Mendapat Perhatian Industri Pengolah Sarang Burung Walet di Kalteng

Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon menyampaikan, usaha sarang burung walet merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Bahkan, di Kalteng sendiri usaha ini sudah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Hal itu terlihat dari banyaknya gedung sarang walet yang berdiri di wilayah Kalteng.

Untuk itu ia mendorong pemda agar dapat bekerja sama dengan pihak swasta untuk membangun industri pengolah sarang burung walet di Kalteng.

"Sarang burung walet ini harus dimanfaatkan oleh daerah, karena produk jadi yang bahan bakunya dari sarang walet maka harganya pasti akan lebih mahal," urainya, Senin, 27 Juni 2022.
Lohing mengungkapkan, Provinsi Kalteng merupakan salah satu daerah peng-hasil sarang burung walet terbesar di Indonesia. Namun dari segi harga masih bisa dipermainkan oleh pengepul dari luar wilayah Kalteng, sehingga hal itu tentu sangat merugikan.

Oleh karena itu, apabila di Kalteng sendiri memiliki industri pengolah sarang burung walet, maka diharapkan lebih menguntungkan bagi masyarakat yang memiliki usaha tersebut.

Selain itu, dengan adanya industri pengolah tersebut tentunya juga akan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja sekaligus dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak usaha sarang burung walet ini.

" Peluang inilah yang harus menjadi perhatian pemerintah," pungkasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments