Kalteng

Perlu Sosialisasi Kepada Masyarakat Kewajiban Membayar Pajak

KUALA PEMBUANG - Fraksi Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait untuk gencar melakukan sosialisasi mengenai kewajiban pajak kepada masyarakat.

Ketua Fraksi Nasdem Salidin, menyampaikan bahwa kewajiban membayar pajak di kalangan masyarakat saat ini masih belum maksimal. Untuk itu perlu adanya tindakan atau cara yang efektif agar penerimaan pajak daerah bisa maksimal, demi mencapai pembangunan daerah yang diinginkan.

“Kami minta kepada Pemkab Seruyan melalui perangkat daerah terkait agar sosialisasi- yang berkaitan dengan pajak, khususnya yang menyasar kepada masyarakat itu lebih ditingkatkan,” kata Selasa 2 Agustus 2022.

Dijelaskannya, sosialisasi tersebut penting untuk dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui pentingnya membayar pajak untuk membangun infrastruktur daerah. Dengan adanya sosialisasi dihaarpkan masyarakat bisa memahami pentingya pajak bagi pembangunan, sehingga menimbulkan kesadaran dalam membayar pajak.

Sosialisasi yang dilakukan hendaknya juga menjelaskan tentang mekanisme, prosedur, pendaftaran pajak, tarif pajak, pemungutan, penagihan hingga sanksi-sanksi yang berlaku apabila tidak memenuhi kewajiban membayar pajak.

“Dengan tingginya kesadaran masyarakat membayar pajak, maka otomatis penarikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) jadi lebih optimal, sehingga berdampak terhadap kemajuan pembangunan infrastruktur,” pungkasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments