Seruyan

Perlunya Pelatihan Mengolah Rotan Menjadi Kerajinan

KUALA PEMBUANG - Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta kepada pemerintah daerah agar bisa memberikan pelatihan kepada masyarakat di wilayah Dapil III, terkait kerajinan rotan.

Menurut Anggota DPRD Seruyan Atinita Sumber Daya Alam (SDA) wilayah dapil tiga cukup melimpah terutama rotan, yang dapat dijadikan berbagi kerajinan tangan dan alat-alat rumah tangga. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

“ Rotan merupakan hasil alam yang sangat melimpah terutama di wilayah dapil III, sehingga banyak masyarakat sekitar yang berkerja mencari rotan sebagi sumber usahanya. Namun demikian dinilai masih belum mencukupi karean masyarakat hanya menjual mentahnya saja bukan berupa barang jadi,” ujarnya Rabu 14/12/2022.

Guna meningkatkan hasil masyarakat dirinya berharap agar pemerintah daerah bisa membantu masyarakat setempat mengembangkan rotan, agar lebih ekonomis dan meningkatkan hasil pendapatan keluarga.

Dengan memberikan pelatihan ketrampilan kepada masyarakat dalam mengolah kerajinan rotan yang memiliki nilai jula tinggi, sehingga masyarakat dapat merasakan hasil yang lebih baik dan mampu menjadi sumber usaha yang menjanjikan.

“ Dengan adanya pelatihan keterampilan mengenai cara mengolah rotan menjadi bahan kerajinan tentu akan lebih menguntungkan, seperti pembuatan kursi, meja, lemari dan berbagi barang lainya, tentunya hal tersebut  akan lebih menguntungkan, karena nilai jualnya semakin tinggi dan pasti akan menambah pemasukan perekonomian keluarga,” terangnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments