P. Raya

Pesta Rakyat Pagelaran Seni Budaya Yang Dilaksanakan Setiap Minggu, Selama Bulan Agustus

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng menggelar  Seni Budaya Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia RI di Bumi Tambun Bungai, bertempat di Bundaran Besar Palangka Raya, Sabtu malam (10/8/2024).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari saat di wawancarai MMC di sela-sela kegiatan berlangsung mengatakan  Gelar Seni Budaya ini merupakan inisiasi dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran sebagai upaya mengingatkan terhadap pentingnya sejarah bangsa, di mana semua saat ini dapat menikmati buah hasil perjuangan para pahlawan, yakni kemerdekaan Indonesia.

“Bapak Gubernur menginginkan agar setiap malam Minggu terutama di Bulan Agustus dalam rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi  Kalteng memberikan hiburan kepada masyarakat Kalteng dengan menampilkan panggung hiburan seni dan budaya di kawasan Bundaran Besar yang dapat disaksikan oleh masyarakat Kalteng secara gratis,"Jelas Adiah.

Ia berharap kegiatan ini juga dapat berlangsung di luar Bulan Agustus. Adiah juga mengutarakan, gelar seni budaya ini tidak hanya menampilkan budaya Kalteng, tetapi juga budaya dari provinsi lain serta pelaku ekonomi kreatif lainnya.

“Saya berharap dengan adanya acara ini dapat semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan yang dimiliki dan menambah rasa cinta tanah air, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia”, tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Adiah pun mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan kawasan Bundaran Besar Palangka Raya beserta Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan tersebut.

Pagelaran Seni Budaya ini disambut antusias masyarakat Kalteng dan dari luar Provinsi Kalteng, terlihat antusias masyarakat menyaksikan pertunjukan di kawasan Bundaran Besar di tengah-tengah gerimis hujan. 

“Gelar Seni Budaya Semarak HUT ke-79 RI dihadiri Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng, Para sesepuh, tokoh adat, tokoh masyarakat, serta segenap seniman dan artis yang turut memeriahkan acara ini,"Tutupnya.


(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments