P. Pisau

Petakan Permasalahan Persampahan

PULANG PISAU - Keseriusan pemerintah daerah kabupaten Pulang Pisau untuk menjadikan motto Pulang Pisau bersih, Pulang Pisau sehat terus dilakukan. Ini dibuktikan dengan pengadaan angkutan truk sampah untuk menambah armada dalam upaya memerangi sampah secara terintegrasi.

Khususnya di kawasan perkotaan, yakni di Kecamatan Kahayan Hilir. “Mengingat wilayah ini sebagai view utama wajah perkotaan,” kata Bupati Pulang Pisau Pudji Rustaty Narang saat disambangi awak media saat kunjungan lapangan di Sei Baru Tewu, Selasa (25/1).

Taty menegaskan, pengadaan armada baru ini akan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dalam pengelolaannya dan dia berharap agar dapat digunakan seoptimal mungkin untuk menjawab keluhan masyarakat terhadap persampahan. 

“Saya mengajak kita semua untuk membangun kesadaran dan rasa kebersamaan dalam menjaga kebersihan terutama terkait persampahan yang masih mengganggu dan berpotensi dalam kerusakan lingkungan,” ajaknya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLH Kabupaten Pulang Pisau Ir Juman menegaskan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama perangkat daerah terkait. Baik Dinas PUPR, Satpol PP, kecamatan, desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Kahayan Hilir untuk memetakan potensi permasalahan persampahan termasuk pelaksanaan rencana tindak lanjut.

Sehingga didapatkan opsi dan alternatif solusinya diantaranya dengan lebih mengaktifkan peran kecamatan dan jajarannya sebagai fungsi pengawasan. Termasuk dalam proses jangka pendek untuk memudahkan pemindahan sampah rumah tangga ke Tempat pembuangan sampah (TPS) yang harus didesain ulang.

“Saya selaku Plt Kepala DLH Pulang Pisau mengucapkan apresiasi atas upaya maksimal yang dilakukan Ibu Bupati, yang dalam waktu singkat telah mewujudkan armada berupa 1 unit. Armada ini sangat membantu dalam menangani persampahan,” ungkap Juman.


 (Tirto Pramono)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments